Selasa, 01 April 2014

KEMENSOS KUCURKAN Rp 1,7 MILIAR UNTUK WARGA BUOL

Salim Segaf Al Jufri (Foto: Antara)Salim Segaf Al Jufri (Foto: Antara)BUOL - Kementerian Sosial memberikan bantuan kepada sejumlah warga di kabupaten Buol, Sulawesi sebesar Rp 1,772 miliar. Bantuan tersebut diberikan langsung kepada warga sebagai program jaminan sosial.

Bantuan yang diberikan di antaranya dalam bidang pemberdayaan sosial dan penanggulangan kemiskinan sebesar Rp 1,4 miliar, bantuan dalam bidang rehabilitasi sosial sebesar Rp 45 juta, dan bantuan dalam bidang perlindungan dan jaminan sosial sebesar Rp 327 juta. 

"Kalau di Kemensos, ini yang namanya bedah kampung. Kita berikan uang Rp10 juta kepada warga agar mereka bisa bergotongroyong mendirikan rumah. Jadi rumah yang kita bantu Rp10 juta nantinya kalau dijual bisa lebih dari Rp20 juta," kata Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri saat memberikan bantuan di kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, Selasa (1/4/2014).

Menurutnya, program tersebut bisa membuat rumah warga yang sudah tidak layak menjadi tempat yang layak untuk dihuni. Lebih dari itu, bantuan tersebut sebenarnya sebagai stimulan untuk terjadinya akselerasi dan percepatan pengentasan kemiskinan.

"Untuk pengawasannya kita serahkan ke dinas setempat, nanti juga pasti diaudit oleh BPK. Selain itu juga pastinya masyarakat ikut mengawasi," tambahnya.

Sementara itu, Nurisa (80), warga di Kecamatan Lakea, mengaku tidak menyangka jika akan didatangi Menteri dan diberikan bantuan untuk lansia. Kemensos memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok dan uang tunai Rp 2 juta. "Nanti uangnya buat beli beras. Saya punya 9 anak tapi yang ada di sini cuma cucu," katanya.
(ful)

0 komentar:

Posting Komentar